Categories
Pinjol

5 Tips Memilih Pinjol Cepat Cair yang Aman dan Terpercaya

Bukan perkara mudah memilih aplikasi pinjol yang bisa menyetujui pengajuan pinjaman cepat cair. Kalau gak percaya coba saja salah satu platform fintech resmi, pasti gak mengira kalau persetujuannya gak segampang slogannya.

Itulah mengapa kita harus pintar-pintar saat menentukan aplikasi pinjol agar tidak terdampak buruk pada keuangan keluarga. Sudah semestinya masyarakat melek informasi terhadap fenomena pinjol yang kian merakyat.

Tips Memilih Pinjol Cepat Cair

Sulitnya akses perbankan menjadikan masyarakat memilih layanan pinjol untuk mendapatkan dana secara cepat. Tak terpungkiri bahwa kebutuhan yang urgen mendesak siapa saja segera memperoleh pencairan dana.

Namun perlu kamu pahami bahwa memilih layanan pinjol tidak hanya melihat cepat cair nya. Tapi juga mengedepankan kewaspadaan agar tidak terjerat rentenir online. Melansir laman harmoney.id, Berikut beberapa tips memilih pinjaman online cepat cair agar aman dan tenang:

1. Terdaftar dan Diawasi OJK

Hal terpenting yang perlu Kamu ketahui sebelum mengajukan pinjaman adalah legalitas perusahaan pinjol. Pilihlah fintech P2P Lending yang telah memiliki izin dari OJK.

Jika perusahaan tersebut sudah mengantongi izin dari OJK, berarti perusahaan penyelenggara telah mematuhi dan beroperasi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jika sudah berada di bawah panji OJK, masyarakat akan terlindungi dari penipuan dan jebakan kepentingan yang tidak manusiawi terhadap pinjaman online.

Pasalnya, OJK akan mengawasi seluruh kegiatan resmi fintech dan akan memberikan sanksi jika fintech tersebut melanggar aturan. Kamu dapat mengecek lewat website resmi OJK melalui telepon ke 157.

2. Memilih Customer Service

Pinjaman online non-esensial yang diakui OJK pasti memiliki layanan customer service. Dengan demikian peminjam bisa dengan mudah menghubungi melalui email, dan nomor telepon tertentu.

Inilah tepatnya yang perlu kita ingat dalam sebelum mengambil hutang online. Untuk memastikan keuntungan untuk kepentingan konsumen dalam bentuk keuntungan atas bunga pinjaman online dan organisasi nirlaba dibayar dalam bentuk non-pembayaran pinjaman.

3. Website dan Aplikasi yang Mudah Diakses

Keunikan dari semua penyelenggara pinjaman online dengan izin OJK adalah memiliki aplikasi dan website resmi. Untuk memperoleh aplikasi pinjaman online, Anda dapat dengan mudah mengakses app store melalui Google Play Store atau App Store.

Sedangkan website resmi memberikan informasi lengkap tentang syarat dan ketentuan pinjaman. Pejabat penyelenggara, calon pembeli bisa mendapatkan informasi tentang calon pelanggan

4. Biaya dan Suku Bunga Transparan

Lembaga perkreditan online yang legal dan diawasi oleh OJK akan selalu memberikan rincian pembayaran dan tingkat bunga secara.

Beberapa bahkan menyediakan estimasi cicilan kredit bagi pelanggan. Karena itu, akan jelas berapa banyak yang harus dibayar setiap bulan. Calon pelanggan akan mengetahui semua risiko dan kewajiban sedari awal.

Pinjaman online yang terdaftar di OJK tidak akan membebani masyarakat dengan suku bunga jika terjadi inflasi. Rata-rata, suku bunga pinjaman tidak melebihi 0,4% per hari. Sangat berbeda dengan pinjaman online ilegal, yang bisa memberikan tingkat bunga pinjaman hingga 40% dari total pinjaman.

5. Pahami Syarat Ketentuan

Setiap kali Kamu akan mengajukan pinjaman, cobalah untuk membaca dengan seksama persyaratan atau informasi tentang hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Tapi itu adalah kesalahan pelanggan yang disebabkan oleh ketidakpahaman pelanggan dalam hal pinjaman. Jika kondisi tidak diperhatikan, silakan hubungi Layanan Pelanggan (CS) Penyelenggara.

Itulah 5 cara yang bisa kamu gunakan saat memilih aplikasi pinjol cepat cair agar aman dan tenang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *