Begini 3 Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mandiri yang Tepat

Cara menutup kartu kredit Bank Mandiri – Saat ini Anda tentu tidak asing lagi mendengar kartu kredit. Kartu kredit adalah sebuah kartu yang digunakan untuk transaksi pembayaran dengan cara non tunai.

Bank mandiri merupakan salah satu bank yang menerbitkan dan menyediakan kartu kredit bagi yang ingin menggunakannya, namun, lambat laun, tentu salah satu dari pengguna ada yang berkeinginan untuk menutupnya.

Banyak alasan seseorang ketika hendak menutup kartu kredit. Salah satunya ialah mengganti kartu kredit dengan layanan paylater seperti Akulaku maupun Kredivo.

Semenjak hadirnya layanan cicilan tanpa kartu dan pinjaman online langsung cair dengan KTP banyak nasabah memilih untuk menutup kartu kredit. Nah, cara menutup kartu kredit bisa Anda lakukan secara langsung maupun secara online, tanpa harus datang ke bank mandiri.

Syarat Menutup Kartu Kredit Bank Mandiri

Persyaratan yang harus Anda penuhi apabila ingin menutup/ menonaktifkan kartu kredit bank mandiri adalah sebagai berikut:

  • Pengajuan harus Anda lakukan satu bulan sebelum jangka waktu kartu kredit tersebut habis/ berakhir.
  • Permohonan penutupan kartu kredit bisa ditindaklanjuti apabila nasabah sudah tidak ada masalah dengan pelunasan, bunga, beserta biaya.
  • Apabila proses penutupan kartu kredit telah selesai, maka pemilik kartu kredit wajib menggunting bagian magnetik beserta chips dari kartu tersebut.

Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mandiri

cara menutup kartu kredit bank mandiri

Begini 3 cara tutup kartu kredit Bank Mandiri:

#1. Menutup Kartu Kredit Secara Online

Setelah memastikan syarat-syarat penutupan kartu kredit terpenuhi, maka selanjutnya adalah bahasan mengenai bagaimana cara menutup kartu kredit bank mandiri secara online

Pastikan Anda tidak menggunakan kartu kredit tersebut 1 bulan sebelum pengajuan penutupan.

Maksudnya adalah, apabila kamu ingin melakukan pengajuan penutupan kartu kredit bank mandiri di bulan Juni, maka jangan gunakan kartu kredit tersebut 1 bulan sebelum bulan Juni, yaitu bulan Mei.

Hal ini bertujuan agar pihak bank mengetahui bahwa pengguna sudah tidak lagi terlihat aktif dan membuat tagihan Anda menurun.

  • Periksa masa berlaku pada kartu kredit.

Periksa kapan masa berlaku kartu kredit Anda akan berakhir. Apabila berakhir di bulan Juni, maka segera melakukan pengajuan di bulan sebelumnya.

  • Pastikan poin fiesta habis

Dalam kartu kredit bank mandiri, di dalamnya terdapat poin fiesta, yang sangat sayang jika Anda tidak menghabiskannya. Karena, kartu kredit tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membeli sesuatu di merchant yang pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit mandiri.

  • Silahkan hubungi call center bank mandiri.

Sebelum melakukan panggilan kepada nomor telepon bank mandiri, pastikan pulsa Anda cukup agar panggilan tak terputus. Untuk menghubungi call center mandiri, Anda bisa menghubungi nya langsung di nomor 14000. Kemudian, pilihlah layanan kredit, dan beritahukan setiap digit nomor kartu kredit Anda.

Sebutkan nama, alamat, beserta nama ibu. Dan beritahukan juga bahwa alasan Anda menutup kartu kredit adalah sudah tidak akan menggunakannya lagi.

Selanjutnya untuk masalah penghitungan tagihan, biaya, beserta bunga akan dilakukan oleh pihak dari bank mandiri. Agar proses cepat terselesaikan, maka segera bayar tagihan tersebut setelah petugas memberitahukannya.

  • Melunasi Tagihan.

Untuk pelunasan tagihan kartu kredit, Anda bisa mengaksesnya lewat aplikasi bank mandiri secara online. Pilih menu kartu kredit, kemudian pada layar akan muncul rincian tagihan yang harus Anda bayarkan.

Konfirmasi kepada mandiri call center. Sesudah melakukan pelunasan tagihan kartu kredit, sebaiknya Anda langsung mengkonfirmasikan lagi berharap call center dan menanyakan apakah kartu kredit tersebut sudah bisa melakukan penutupan atau belum.

  • Guntinglah kartu kredit yang Anda tutup.

Jika pada proses sebelumnya, call center sudah memberitahukan bahwa kartu kredit telah dinonaktifkan. Maka Anda bisa menggunting kartunya di bagian chip dan pita magnetik. Tujuannya untuk mencegah terjadinya penggunaan kartu tersebut oleh orang lain.

#2. Mendatangi Bank Langsung

Selain melakukan penutupan dengan cara online, Anda juga bisa melakukan penutupan dengan datang langsung ke bank mandiri. Persyaratan dan caranya hampir sama dengan melakukan penutupan secara online, namun, bedanya hanya terletak pada penandatangan langsung di kantornya.

Sebelum Anda melakukan cara yang pertama pastikan syarat pengajuan sudah terpenuhi. Berikut ini adalah cara menutup kredit bank mandiri dengan mendatangi bank langsung:

  • Datangi bank mandiri terdekat Anda

Kunjungi bank mandiri terdekat Anda, setelah itu, silahkan menuju bagian customer service dan sampaikan tujuan Anda. Ikuti arahan dari customer sevice tersebut. Biasanya Anda wajib menunjukkan buku tabungan, kartu kredit, beserta KTP.

  • Mintalah bukti penutupan kepada petugas

Setelah proses penutupan selesai, maka mintalah bukti penutupan kepada petugas. Tujuannya jika di lain waktu ada yang menggunakan kartu kredit yang telah Anda tutup, Anda bisa langsung melaporkan kasus tersebut dengan bukti yang pernah Anda minta.

#3. Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mandiri yang Belum Aktif

Apakah Anda ingin melakukan penutupan kartu kredit bank mandiri yang belum aktif dan tidak Anda gunakan? Jika iya, sebaiknya Anda pertimbangkan untuk menutup kartu tersebut . Hal ini untuk mencegah terjadinya tagihan biaya apabila kartu kredit terus-terusan dibiarkan tanpa dinonaktifkan.

Untuk cara penutupannya sendiri cukup mudah. Caranya hampir sama dengan cara penutupan kartu kredit yang sudah aktif. Bisa secara online dan juga bisa secara langsung di kantor bank mandiri terdekat.

Hal yang Harus Anda Lakukan Setelah Penutupan Kartu Kredit

Sudah melakukan cara menutup kartu kredit bank mandiri, tetapi masih perlu melakukan beberapa hal lagi? Jawabannya adalah iya. Anda wajib melakukan beberapa hal setelah proses penutupan tersebut selesai.

Proses ini harus Anda lakukan terutama untuk Anda yang masih mempunyai tanggungan pembayaran kartu kredit. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan setelah proses penutupan selesai, yaitu:

  • Periksa status kredit di bank Indonesia

Hal ini dilakukan karena bank Indonesia lah yang menyimpan dan mencatat semua proses pembayaran cicilan kartu kredit.

  • Pantau tagihan kartu kredit

Maraknya kasus dimana setelah melakukan penutupan kartu kredit tetapi masih mendapat tagihan, membuat pengguna geram dan tak nyaman. Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada diri Anda, maka Anda bisa terus melakukan pemantauan melalui mesin ATM ataupun customer service dari bank secara langsung.

  • Simpan slip tagihan dan kartu kredit

Walaupun Anda sudah melakukan proses penutupan kartu kredit, jangan pernah buang slip tagihan dan juga kartu kredit Anda. Jika ada sebuah kasus suatu saat, maka Anda bisa menggunakan keduanya sebagai bukti untuk melakukan pelaporan.

  • Periksa dan teliti kembali keuangan Anda

Karena Anda sudah melakukan proses penutupan, biasanya hal-hal yang tidak disangka bisa bermunculan begitu saja. Jika pada awalnya Anda bisa memanfaatkan kartu kredit sebagai penunjang diskon, cashback, dan berbagai promo, maka setelah penutupan terjadi Anda tidak bisa lagi memanfaatkannya untuk itu.

Jika Anda berpikir untuk mengaktifkan kembali kartu kredit Anda, maka Anda bisa melakukan permohonan pengajuan kepada bank tersebut.

Itulah pembahasan terkait bagaimana cara menutup kartu kredit bank mandiri yang benar dan tepat. Jika kurang lengkap, Anda bisa mencari referensi dari sumber lain, atau bisa langsung mendatangi ke kantor bank mandiri terdekat Anda. Baca informasi menarik dari danalaut.id lainnya.