Categories
Bisnis

Ruang Lingkup Bisnis, Harus Tahu Bagi Anda yang Akan Menjelajahi Bisnis

Bisnis merupakan serangkaian usaha dilakukan oleh stu orang maupun kelompok dengan menawarkan jasa serta barang untuk mendapat keuntungan bisnis maupun laba pun dpat dikatakan menyediakan barang serta jasa untuk kelancaran system ekonomi. Mereka tentunya harus siap untung serta rugi, bisnis yang tidak hanya bergantung terhadap modal uang, namun banyak sekali factor mendukung terlaksananya bisnis, seperti reputasi, keahlian, ilmu, sahabat serta kerabat bisa menjadi modal bisnis.

Ruang Lingkup Bisnis

Berdasarkan Griffin dan Eber bisnis adalah suatu organisasi menyediakan barang maupun jasa yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Kegiatan bisnis tersebut sebagai organisasi yaitu :

1. Produksi

Penciptaan barang serta jasa

2. Keuangan

Kegiatan mencari pendanaan dibutuhkan untuk terlaksananya kegiatan dagang.

2. Pemasaran

Kegiatan menginformaskan barang serta jasa, mengidentifikasikan keinginan konsumen.

3. Pengelolaan sumber daya manusia

Kegiatan untuk mencari tenaga kerja serta meningkatkan kemampuannya maupun dari kata lain, unsur-nsur yang penting pada aktivitas ekonomi diperlukan 3 unsur, diantaranya yaitu :

  • Keinginan manusia.
  • Sumber daya.
  • Cara-cara produksi.

Pada ilmu ekonomi ada ruang lingkup bisnis paling penting, adalah permintaan/demand serta penawaran/supply. Permintaan merupakan sejumlah barang maupun jasa yang diminta, hadirnya dari pihak rumah yang konsumen membeli serta mengonsumsi yang banyak dikonsumsi oleh kalangan.

Adapun untuk penawaran merupakan jumlah barang maupun jasa ditawarkan, hadirnya dari pihak produsen/perusahaan menjual serta memproduksi jumlah barang maupun jasa.

Permintaan pada barang ditentukan oleg preferensi konsumen. Adapun penawaran pada barang di tentukan biaya produksi:

  • Factor Mempengaruhi Permintaan.
  • Harga barang sendiri.
  • Pendapatan konsumen.
  • Harga barang substitusi serta komplemente.
  • Selera konsumen.
  • Jumlah penduduk.
  • Factor Mempengaruhi Penawaran.
  • Harga barang.
  • Biaya roduksi.
  • Tingkat teknologi.
  • Kebijakan pemerintah.
  • Factor alam.

Lingkungan Bisnis

Lingkungan intern atau memberikan pengaruh secara langsung terhadap kegiatan bisnis: pemerintah, pesaing, asosiasi dagang, konsumen, supplier serta sertifikat pekerja.

Lingkungan ekstern / memberikan pengaruh tidak secara langsung pada kegiatan bisnis, misalnya dunia intrenasional, ekonomi, politik dan social budaya.

Pengertian dari bisnis meliputi 4 aspek, adalah untuk mendapat laba, menghasilkan barang serta jasa, suatu kegatan usaha serta memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari.
Jenis-Jenis Bisnis

1. Monopsony

Monopsony merupakan keadaan yang mana satu pelaku usaha menguasai pasokan maupun menjadi pembeli yang tunggal atas barang serta jasa pad suatu pasar komoditas. Kondisi monopsony yang seringkali terjadi pada daerah-daerah perkembunan serta industry hewan potong atau ayam, hingga posisi tawar menawar pada harga untuk petani yaitu nonsen.

Harus diteliti secara mendalam dampak dari phenomena ini, apakah terdapat factor lainnya menyebabkan Monopsoni hingga tingkat kesejahteraan petani yang memiliki pengaruh.

2. Pasar oligopoly

Pasar oligopoly yaitu pasar yang mana penawaran satu jenis barang yang dikuasai beberapa perusahaan. Pada umumnya jumlah perusahaan tersebut menjadi lebih dari 2 namun kurang dri 10. Pada pasar Oligopoli ini, setiap perusahaan memposisikan sebagai bagian terikat dengan permainan pasar, yang mana keuntungan mereka dapatkan tergantung juga dengan tindak-tindak pesaing. Hingga semua promosi, iklan, perubahan harga, pengenalan produk yang baru serta lainnya di lakukan tujuan untuk menjauhkan konsumen dri berbagai pesaing.

3. Oligopsoni

Merupakan keadaan yang mana dua maupun lebih pelaku usaha tersebut menguasai penerimaan pasokan maupun pembeli tunggal atas barang maupun jasa pada suatu pasar komoditas.

4. Pasar monopoli

Yaiitu suatu bentuk pasar yang mana yang ada satu penjual menguasai pasar. Penentu harga terhadap pasar tersebut yaitu kalangan penjual maupn seringkali disebut dengan monopolis.

Demikian yang dapat disampaikan tentang ruang lingkup bisnis. Semoga bermanfaat dan sekian terimakasih.